Valentino Rossi

LE MANS, KOMPAS.com – Valentino Rossi mengincar kemenangan ke-99 pada balapan MotoGP di Le Mans, Perancis, Minggu (17/5). Tetapi, “The Doctor” harus mengawali perjuangannya itu dari posisi start keempat, di belakang tiga rival terberatnya musim ini.

Ya, dari hasil kualifikasi yang berlangsung Sabtu, Rossi kalah bersaing dengan Dani Pedrosa, rekan setimnya, Jorge Lorenzo dan Casey Stoner. Pebalap Fiat Yamaha itu terpaut 0,132 detik dari Pedrosa yang menempati pole position.

Meskipun demikian, Rossi sangat menikmati kondisi tersebut. Malah juara dunia enam kali MotoGP tersebut merasa timnya memiliki kemajuan jika dibandingkan dengan saat latihan bebas, di mana dia sempat berada di urutan 6 dan 11.

Karena itu, dia tetap punya keyakinan bisa mewujudkan impiannya meraih kemenangan ke-99. Dengan demikian, pada balapan selanjutnya pada akhir bulan ini di rumah sendiri, Megello, Italia, dia bisa merayakan kemenangan ke-100 di bersama fansnya.

Ya, pada aksi terakhirnya di Jerez, Spanyol, Rossi juga mengawali balapan dari posisi empat. Tetapi pebalap Italia ini mampu menyalip tiga pesaing utamanya tersebut dan akhirnya menjadi juara, sehingga kini dia memuncaki klasemen sementara pebalap–unggul 11 poin atas Stoner.

“Kualifikasi sudah lebih bagus untuk kami!” ungkap Rossi, yang musim lalu memimpin tim Yamaha untuk menguasai podium di Le Mans. “Kemarin dan kemudian pagi ini kami tidak terlalu bagus, tetapi kami telah bekerja dengan baik untuk memperbaiki motor dan saya bisa mengendarainya seperti yang diinginkan.

“Memang tidak sempurna, dan kami masih perlu membuatnya lebih baik lagi. Tetapi kami sudah baik. Kami berada di baris kedua dan start yang bagus akan menjadi penting karena semua pebalap top sangat, sangat dekat sehingga balapan nanti merupakan tantangan yang besar.

“Saya pikir, ini akan menjadi balapan yang asyik; bagi fans, tetapi saya juga berharap untuk kami!” tegasnya. “Saya harap, balapan nanti kondisi trek kering, tetapi jika hujan, sebaiknya sepanjang hari sehingga kami bisa mengeset motor saat pemanasan, karena pada tiga musim terakhir trek selalu kering saat kami balapan di sini,” tambahnya.

Di klasemen sementara, empat pebalap yang menjadi kandidat musim ini bersaing ketat. Rossi yang memuncaki klasemen dengan total 65 poin, dikuntit oleh Stoner (54), serta Lorenzo dan Pedrosa yang sama-sama mengumpulkan 41 poin. (CRS)

LOU

Akses http://m.kompas.com dimana saja melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s